INI DIA 5 VARIASI MENU 4 BINTANG UNTUK MPASI BAYI YANG MUDAH DIDAPATKAN

Setelah melewati fase pengenalan menu tunggal, bayi dianjurkan (oleh WHO) untuk langsung masuk ke menu 4* demi melengkapi kebutuhan gizinya. Apa sih sebenarnya menu 4* itu? Menu 4* adalah menu lengkap yang terdiri dari 4 komponen utama yang dibutuhkan tubuh kita yaitu:

KARBOHIDRAT + SAYUR/ BUAH + PROTEIN NABATI + PROTEIN HEWANI

Biasanya masalah yang muncul pada bayi adalah alergi ya. Nah inilah gunanya pengenalan menu tunggal di 2 minggu awal MPASI bayi, untuk mengetahui alergi bayi. Tapi kalau bayi udah lolos nih sama semua bahan, go ahead mom. Be creative with what's on your fridge or kang sayur kesayangan yang lewat depan rumah hehe..

Bintang sendiri alhamdulillah nggak ada alergi sih so far (semoga beneran nggak ada). Cuma saya belum ngenalin udang aja ke dia karena agak tricky kalau udang ini. Jadilah saya berkreasi dengan sayur, prona dan ikan apa aja. Yuk intip beberapa variasi menu 4* yang udah saya bikin buat Bintang berikut ini!

Variasi 1:
Kentang + brokoli + tahu + ikan patin
tambahan lemak: minyak goreng



Variasi 2:
Nasi putih + tomat + kacang panjang + ati ayam
tambahan lemak: kaldu sapi



Variasi 3:
Butternut + wortel + tahu + ati ayam
lemak tambahan: minyak goreng



Variasi 4: 
Nasi putih + oyong + tempe + ati ayam
lemak tambahan: kaldu sapi


Variasi 5:
Nasi merah + labu siam + tempe + ikan kembung
lemak tambahan: kaldu sapi




Cara masaknya gimana?

Well, saya penganut yang praktis dan cepat hehe. Jadi rata-rata masaknya pake kukusan biasa, trus karbo, prona dan sayur saya kupas, potong dan cuci, lalu ditaruh di pyrex (wadah kaca) dan kukus dengan api besar. Karena motongnya kecil-kecil, jadi kurang lebih 5 menitan juga udah mateng. 

Buat prohe kayak ikan gitu gimana? 
Setelah ngukus yang saya sebutin di atas, saya ambil semuanya, trus baru ngukus ikan nih. Biasanya cuma kasih bumbu aromatik aja kayak daun jeruk, bawang putih geprek, sereh dan jahe buat kasih rasa dan ngurangin amisnya ikan. Kalo udah mateng tinggal ambil dagingnya sambil cek apa ada duri, trus masukkin semuanya ke food processor yang khusus buat makanan bayi. 

Blend jadi satu dengan tambahan air/ kaldu/ minyak goreng buat nyesuaiin kekentalan yang dimau. And you are done! Hihi, gampang dan murmer kan? Nanti saya share menu lainnya yang juga praktis dan murah meriah jadi gampang dapetinnya ya! Selamat memasak buat bayi!

Komentar

Postingan Populer