CARA MENGATASI BAYI DALAM MASA GTM

photo: freestocks.org


Setiap mom dengan bayi yang sudah mulai memasuki masa pengenalan makanan pendamping asi atau (MPASI) pasti punya kekhawatiran sendiri. Memang sih ada bayi yang begitu mulai MPASI, langsung bisa lhap lhep lahap makan tanpa basa-basi. Ini saya alami banget nih sama anak pertama saya. Si kakak dulu makannya gampang banget! Sampe kadang saya atau mbaknya yang ngasuh dulu kewalahan nurutin pola makan kakak yang cepat dan banyak.

Tapi beda anak beda pola, beda kondisi. Nah kalau biasanya nih, saya cuma denger tuh isu soal GTM (gerakan tutup mulut) which is kondisi dimana anak/ bayi nggak mau makan sama sekali, nutup mulutnya pas liat sendok (ada yang bahkan histeris nangis pas momnya pegang sendok) atau mau makan tapi cuma disemburin aja. Kali ini beneran ngalamin sama Bintang.

Ada yang milih pake istilah picky eater. Jadi bukan nggak mau makan, tapi milih-milih banget. Kalau based on pengalaman saya setelah sebulan lebih ini Bintang dapet MPASI, Bintang termasuk yang ini. Bukan mau menggolongkan ya, tapi kita as a mom harus bisa nih ngenalin dulu masalah yang ada di bayi kita. Tujuannya biar tau gimana cara ngatasinnya.

Trus apa yang musti kita lakuin buat menghadapi bayi atau anak yang lagi GTM?
In my case sama Bintang, ini yang saya lakuin:

Identifikasi kondisi Bintang dulu, kenapa dia nggak mau makan. 

Caranya dengan:

1. Cek kondisi mulutnya, di usia awal makan ini kemungkinan terbesarnya adalah dia lagi masa mau tumbuh gigi. Kalau memang gusi udah mulai terlihat bengkak, bisa jadi kondisi GTM kali ini karena mau tumbuh gigi yang bikin dia nggak enak makan. Kalau begini, banyakin aja ASI dulu, lalu sering berikan teether dingin untuk mengurangi rasa tidak nyaman di gusinya.

2. Cek jenis makanan yang kita berikan. Is it good or bad? Is it smelly? Cari sesuatu barangkali ada yang salah sama makanan yang kita berikan. Jika memang makanannya yang jadi masalah, we can find the sollution, seperti mengganti dengan bahan lain, mencampurnya dengan menu lain yang lebih dia suka, menyesuaikan kekentalan sesuai kemampuan dia mengunyah dan memberi makanan yang lebih fresh.
 
3. Cek tubuhnya. Terutama perut atau tenggorokan. Lagi radang kah? Lagi kembung kah? Karena bisa jadi ini penyebab bayi nggak ada selera makan. Jika memang ada radang, segera konsultasikan dengan dsa kesayangan ya mom. Untuk kembung, bisa kita atasi dengan memberi minyak telon di perut bayi sambil pijat lembut dari kiri kita ke arah kanan kita membentuk love shape.


Cara lain untuk mengatasi GTM yang disebabkan oleh hal-hal selain ketiga hal di atas, bisa kita dapatkan dari proses "penelitian" akan kebiasaan makan bayi kita. This is what I do to Bintang.

1. Posisi Makan. Kayaknya lebay ya. Tapi bener lho, posisi menentukan prestasi, hahaha... Posisi makan bayi kita selama ini gimana sih? Coba diinget-inget. Selalu sama kah duduk di high chair-nya, kita pangku, gendong atau duduk sendiri di playmat-nya? Kalau emang polanya cenderung sama setiap harinya, try new things today. Kalau biasa di high chair dan lagi GTM, coba deh sambil dipangku. Mungkin bayi kita cuma lagi bosen atau nggak nyaman dan butuh rasa nyaman itu dari kita. Kalau udah nyaman, biasanya bayi cenderung mau untuk mencoba makan lagi.

2. Jam Makan. Sudah punya jadwal pasti untuk makan bayi setiap harinya? Atau masih meraba? Nah coba buat penelitian. Jam berapa yang paling pas untuk bayi kita makan. Pas ini maksudnya pas di mood mereka ya. Seperti Bintang, kalau kepagian dia pasti masih males, jadi nggak mau makan. Kalau pas ngantuk, pasti jatuhnya rewel, dan otomatis nggak mau makan juga. Nah kalau pas laper banget, dia akan nolak itu makanan dan lebih milih buat nenen. Akhirnya saya nemu pola yang agak pas buat Bintang. Makan paginya cenderung agak siang, pas dia udah bangun dari bobo pagi setelah mandi dan nenen. Jadi kondisi moodnya bagus. Untuk sore, paling pas jam 5an setelah bangun dari bobo sorenya. Coba yuk cari celah ini di bayi mom masing-masing!

3. Cara Makan. Sekarang udah berkembang ya soal metode makan ini. Dari spoonfeeding (makan pake sendok) sampe ke BLW (baby led weaning dimana bayi diperkenalkan dengan makanan padat langsung yang bisa dia pegang). Ini nggak usah diperdebatkan lah, udah ada ilmunya masing-masing. Bisa langsung konsul sama dsa masing-masing dan dipasin aja ke nyamannya mom dan bayi ya. Tapiiiii, saat bayi GTM, kita bisa lho coba-coba cara lain. Kalau bisa disendokin, coba BLW aja sekali, mungkin bayi kita lagi butuh variasi. Begitupun sebaliknya buat yang biasa BLW ya. Trus, bisa juga nih kita coba suapin pake tangan kalau emang pake sendok udah ditolak mentah-mentah duluan. Pokoknya cara apa aja di luar kebiasaan kita (asal bener ya mom hahaha), coba aja dulu.

Intinya, cek dan coba dulu semuanya ya dan yang penting, mom nggak boleh menyerah dan down dulu kalau bayi lagi GTM. Yuk bangun mood kita biar bagus lagi dan semoga bayi juga kebawa moodnya. Talk to our baby, make it as a fun eating time. Dan bismillah!

PS: Saya juga masih ngalamin naik turun makan sama Bintang, but well, life is full of ups and dows rite? Hehehe...

Semangat mom semuaaaa!



Komentar

  1. Setuju banget moms dulu juga Haidar begitu ada GTM nya.
    Sebagai moms kita dituntut lebih kreatif yah moms.
    Makasih sharingnya loh yah

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ketiga anakku ga ada yang melewati fase GTM ini... Atau belum kali ya... Hihihi... Tapi udah siap lah ngadepinnya kan udah baca tulisan mbak yang super super lengkap ini...

    BalasHapus
  3. Emang stress kalau anak ga selera makan. Suka iri kalau lihat anak yang makannya lahap. Kalau cepat tahu penyebabnya biar cepat diatasi.

    BalasHapus
  4. Anak2ku dulu GTM terus. Emang harus sabar ya ibunya.

    BalasHapus
  5. Anak sekarang yg 2 tahun, minum susu terus, makan jarang. Padahal udah diatur biar lapar, tp tetap minta susu, kalau ngk dikasih teriak. Enak ya, anaknya mau makan. GTM emang bikin stres emak

    BalasHapus
  6. Saya malahan kesulitan menghentikan anak saya untuk makan :)
    Alhamdulillah ga ada masalah GTM

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah anakku ngga pernah GTM. Dari kecil sdh biasa makan apa pun yg diberikan oleh Bundanya. Dan malah susah utk dicegah gak ngemil dan mkn hahaha

    BalasHapus
  8. Ane kirain apaan gtm , bagus singkatan nya. Berhubung mpo masih ting ting, maka Baca ini memberikan info bagus buat mpo

    BalasHapus
  9. Makin ke sini, makin sering anak malas makan Dan gtm. Bunda bintang kudu pinter bikin makanan menarik supaya anak doyan makan dan miss ikutan makan juga. Ops yg terakhir ada maksud nya

    BalasHapus
  10. Wah keren banget informasinya mba... Bisa menjadi bekal aku kelak punya anak.

    BalasHapus
  11. Bener mom, bisa juga sambil ajak jalan mom. Klo hill sekarang sarapan sambil jalan ke taman langsung ludes :)

    BalasHapus
  12. Saya masih kurang paham.sih mengenai MPASI
    Soalnya memang blm berkeluarga. Tp..lihat tmn2 yg udah ngalamin memang bnyk hal sih yg jd problematika

    BalasHapus
  13. aaa, aku ngalamin ini pas bantu ibuku ngasuh adikku yang bungsu.. sampe aku ajak jalan2 naik sepeda, sambil main, sambil nyanyi... semua jurus dilancarkan... hahhaha

    BalasHapus
  14. Artikel yang Menarik Gan
    Mohon Izin Comment ya ^^

    Klik LIGA BINTANG

    Join Liga Bintang ! klik link di bawah ini
    BONUS DEPOSIT HARIAN 10% + CASHBACK SPORT S/D 15% + REFFERAL SPORT 2.5% dan Promo harian menarik lainnya ya^^

    DEPOSIT VIA PULSA
    - TELKOMSEL : 0,85% atau 15%
    - Xl a

    COSTUMER SERVICE :
    - LIVE CHAT 24 JAM ONLINE
    - WA : +62 812 8805 4524

    Klik Prediksi Bola

    Klik Situs Resmi Bolajalan

    Klik Tempat Daftar

    Ayo bosku segera daftarkan diri anda dan raih hoki bersama kami ya^^
    kami tunggu kehadirannya hanya di situs resmi Betting online hanya di Liga bintang^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer